Kamis, 19 Maret 2009

Moodle

Moodle adalah nama sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran ke bentuk web. Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Dengan aplikasi ini siswa bisa masuk kedalam "ruang kelas" digital untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, kita dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) yang dapat di-download dengan gratis. siapa pun dapat menggunakan dan memodifikasinya dengan lisensi secara GNU (General Public Licen se). Aplikasi Moodle dapat di-download di alamat http://www.moodle.org . Saat ini Moodle sudah digunakan oleh 150.000 institusi lebih dari 160 negara didunia.

Aplikasi Moodle pertama kali dikembangkan oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Sekarang Moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara Open Source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:

  • Apache Web Server

  • PHP

  • Database MySQL atau PostgreSQL

Kita dapat membangun sistim dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan menggunakan Moodle. Dengan begitu sistim belajar mengajar tidak akan terbatas oleh ruang dan waktu, sebab seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi kuliah, test ataupun kuis dengan jarak jauh dan dari mana saja. Selain itu, seorang dosen/guru/pengajar juga dapat membuat materi soal ujian secara online dengan sangat mudah. Sedangkan peserta ujian dapat mengikuti ujian di rumah, kantor, warnet bahkan di saat perjalanan dengan membawa laptop dan mendukung koneksi internet.

Beberapa aktivitas pembelajaran yang didukung oleh Moodle adalah sebagai berikut:

  • Assignment :Fasilitas ini digunakan untuk memberikan penugasan kepada peserta pembelajaran secara online. Peserta pembelajaran dapat mengakses materi tugas dan mengumpulkan hasil tugas mereka dengan mengirimkan file hasil pekerjaan mereka.
  • Chat :Fasilitas ini digunakan untuk melakukan proses chatting (percakapan online). Antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat melakukan dialog teks secara online.
  • Forum : Sebuah forum diskusi secara online dapat diciptakan dalam membahas suatu materi pembelajaran. Antara pengajar dan peserta pembelajaran dapat membahas topik-topik belajar dalam suatu forum diskusi.
  • Kuis : Dengan fasilitas ini memungkinkan untuk dilakukan ujian ataupun test secara online.
  • Survey : Fasilitas ini digunakan untuk melakukan jajak pendapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar